Kerjasama UUI dengan DRB-HICOM Malaysia

| 18-04-2018   15:59:44 WIB | dilihat 0 kali

PRESTASI DUNIA SEKALI LAGI: KERJASAMA UUI DENGAN DRB-HICOM.

Pada tanggal 16 April 2018, Universitas Ubudiyah Indonesia menyelenggarakan Seminar Sehari yang bertajuk “REVOLUSI INDUSTRI 4.0” yang menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan terbaru di dunia industri global dan nasional. Seiring dengan acara tersebut, Universitas Ubudiyah Indonesia mengundang pembicara utama dari Negeri Malaysia, yaitu Prof. Dato’ Sri Dr. Omar bin Osman, untuk memberikan kuliah tamu yang menceritakan perkembangan isu Revolusi Industri 4.0 dari sisi Malaysia. Selanjutnya juga Universitas Ubudiyah Indonesia menjalin kerjasama di bidang pengembangan pendidikan tinggi dengan DRB-HICOM University of Automotive Malaysia. Pada kesempatan itu juga Universitas Ubudiyah Indonesia melantik pimpinan DRB-HICOM University of Automotive Malaysia, yaitu Prof. Dato’ Sri Dr. Omar bin Osman sebagai “VISITING PROFESSOR”, sehingga menambah daftar visiting professor lebih banyak lagi di Universitas Ubudiyah Indonesia.

Pada kesempatan itu juga, Prof. Marniati (Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia) melihat masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, maka Universitas Ubudiyah Indonesia berarti harus memperbaiki dua masalah utama, pertama adalah bagaimana tingkat pendidikan masyarakat dapat dijadikan “indikator” dan gambaran mengenai kemampuan penduduk dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Solusi kongkritnya yaitu diperlukan perubahan paradigma baru pembangunan yang berorientasi pada penciptaan lapangan kerja. Kedua, Tingkat kesehatan yang dimiliki masyarakat sangat mempengaruhi tingkat produktivitas, artinya jika masyarakatnya sehat maka kemampuan untuk bekerja dan berkarya sangat tinggi, dan sebaliknya.

Menurut Prof. Marniati, perubahan dalam bidang sumber daya sangat penting, meliputi pengembangan kapasitas dosen dan tutor dalam pembelajaran daring. Jadi dosen ini perannya juga sebagai tutor. Kemudian pengembangan infrastruktur MOOC (Massive Open Online Course), teaching industry, dan e-library yang sebenarnya sudah berjalan. Berkaitan dengan sumber daya, pada era ini dosen memiliki tuntutan lebih, baik dalam kompetensi maupun kemampuan untuk melakukan kolaborasi riset dengan profesor kelas dunia. Nantinya, akan disusun kerjasama dengan para profesor asing yang akan melakukan kolaborasi dengan dosen Universitas Ubudiyah Indonesia.

https://www.uui.ac.id/berita-554-prestasi-dunia-sekali-lagi…

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Allah Ta'ala berfirman (dalam hadits Qudsi) : "Kebesaran (kesombongan atau kecongkakan) pakaianKu dan keagungan adalah sarungKu. Barangsiapa merampas salah satu (dari keduanya) Aku lempar dia ke neraka (jahanam)." (HR. Abu Dawud) "