Pelatihan Uji Kompetensi dengan Metode OSCE

| 19-05-2017   13:49:41 WIB | dilihat 0 kali

Program Studi D-IV Kebidanan telah melaksanakan Pelatihan Uji Kompetensi dengan Metode OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Ubudiyah Indonesia pada tanggal 13 April sampai dengan 14 April 2017 yang dihadiri oleh mahasiswa Program Studi D-IV Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ubudiyah Indonesia.

Kegiatan Pelatihan Uji Kompetensi dengan Metode OSCE berlangsung mulai dari pukul 08.00 wib s/d selesai. Sebelum acara dimulai peserta mahasiswa wajib melakukan registrasi. Daftar registrasi mahasiswa tersebut dilakukan sebelum para peserta memasuki ruangan. Pembukaan  Acara Pelatihan OSCE di buka oleh Kata Sambutan dari Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia Ibu Marniati, M. Kes. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua IBI Provinsi Aceh.

Hari pertama pada tangga 13 April 2017 dimulai dengan Building Learning Comitment/pembagian kelompok selanjutnya pembahasan mengenai metode OSCE sebagai metode uji kompetensi yang dipandu oleh ibu Heni Puji W, M.Keb (Pemateri I). Setelah istirahat dilanjutkan kebali dengan pemberian materi oleh ibu Dr.Yuni Kusmiyati, MPH (Pemateri II) tentang materi pemahaman dan teknik mengorganisir ujian OSCE stimulate patient, analisis soal, penentuan kelulusan dan standar setting. Selanjutnya pembahasan dilanjutkan oleh pemateri I tentang blue print, teknik penyusunan soal dan penjelasan praktikum/uji OSCE.

Pada hari kedua tanggal 14 April 2017 dimulai dengan refleksi kembali pembahasan yang lalu, selanjutnya dibagikan dalam 2 team, 1 team melaksanakan praktikum di lab kebidanan dan 1 team lagi melakukan diskusi pembuatan soal OSCE secara bergantian. Akhir sesi semua kelompok yang telah mengikuti kegiatan tersebut berkumpul kembali di ruangan untuk melakukan pembahasan soal bersama-sama atau diskusi kelompok, evaluasi dan umpan balik dari setiap kelompok.

Pada pelatihan ini juga sekaligus dikembangkan pelatihan mengenai item development, yaitu mengembangkan instrumen uji tulis untuk mengukur kompetensi maupun capaian pembelajaran mahasiswa dengan model one best answer using vignette, dengan mengikuti kaidah blue print nasional untuk uji kompetensi nasional pada level Diploma III Kebidanan. Sehingga diharapkan peserta pelatihan mampu mengembangkan instrumen uji tulis untuk mengukur capaian pembelajaran maupun kompetensi, baik pada level institusi, regional maupun berkontribusi dalam pengembang soal uji tulis kompetensi nasional

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Aku Muhammad dan Ahmad (terpuji), yang dihormati, yang menghimpun manusia, nabi (penyeru) taubat, dan nabi (penyebar) rahmat. (HR. Muslim) "